Kunci pada Pengolahan Susu Bubuk

Pengolahan susu bubuk adalah salah satu proses bisnis UMKM pangan untuk memperpanjang umur simpan susu dan juga menjaga nutrisi yang terkandung di dalamnya. Salah satu mesin yang paling umum digunakan untuk proses ini adalah mesin spray dryer. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengolahan susu bubuk menggunakan mesin spray dryer agar hasil yang diperoleh optimal.

Baca Juga:

  1. Kualitas Bahan Baku
    Kualitas susu segar yang digunakan sebagai bahan baku sangat menentukan kualitas akhir dari produk susu bubuk. Susu harus steril dan bebas dari kontaminan, serta memiliki kadar lemak serta protein yang seimbang. Pemilihan susu yang berkualitas tinggi akan menghasilkan susu bubuk dengan rasa yang enak dan nilai gizi yang tinggi.
  2. Proses Pasteurisasi
    Sebelum memasuki tahap pengeringan, susu harus melalui proses pasteurisasi untuk membunuh mikroorganisme berbahaya. Pasteurisasi yang dilakukan dengan benar akan memastikan produk susu yang aman untuk dikonsumsi tanpa merusak kandungan nutrisinya.
  3. Pengaturan Suhu dan Tekanan
    Pengaturan suhu dan tekanan dalam mesin spray dryer adalah faktor kunci dalam menentukan kualitas susu bubuk yang dihasilkan. Suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan susu menjadi hangus dan merusak nutrisinya, sementara suhu yang terlalu rendah dapat menyebabkan proses pengeringan tidak tepat dan tidak sempurna. Biasanya, suhu optimal untuk pengeringan susu berkisar antara 160-180°C pada inlet dan 70-90°C pada outlet.
  4. Ukuran Partikel
    Ukuran partikel susu bubuk dapat dipengaruhi oleh kecepatan semprotan dan viskositas susu yang digunakan. Partikel yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat mempengaruhi tekstur dan kelarutan penyajian susu bubuk. Oleh karena itu, perlu dilakukan penyesuaian kecepatan semprotan dan konsentrasi susu agar diperoleh ukuran partikel yang pas.
  5. Kebersihan Mesin
    Kebersihan mesin spray dryer menjadi penting untuk mencegah kontaminasi silang dan menjaga kualitas produk akhir. Mesin harus dibersihkan secara teratur setelah setiap kali digunakan. Sisa-sisa produk yang menempel pada dinding mesin dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan mengakibatkan kontaminasi pada bagian berikutnya.
  6. Pengemasan dan Penyimpanan
    Setelah proses pengeringan selesai, susu bubuk harus segera dikemas dalam kemasan yang kedap udara untuk mencegah kelembaban dan terkontaminasi Penyimpanan di tempat yang sejuk dan kering juga sangat penting untuk mempertahankan kualitas susu bubuk.
  7. Pengendalian Kualitas
    Proses pengendalian kualitas harus dilakukan secara rutin untuk memastikan bahwa susu bubuk yang dihasilkan memenuhi standar produk yang ditetapkan. Pengujian terdiri dari pemeriksaan kadar air, kandungan nutrisi, dan pengecekan mikrobiologi. Produk yang tidak memenuhi standar harus segera ditarik dan diperbarui.

Kesimpulan

Pengolahan susu bubuk menggunakan mesin spray dryer memerlukan perhatian khusus pada beberapa hal penting seperti kualitas bahan baku, proses pasteurisasi, pengaturan suhu dan tekanan, ukuran partikel, kebersihan mesin, pengemasan, dan pengendalian kualitas. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, produksi susu bubuk dapat berjalan dengan efisien dan menghasilkan produk yang berkualitas, aman, dan bergizi. Pengolahan susu bubuk yang tepat tidak hanya memperpanjang umur simpan produk tetapi juga memberikan konsumen manfaat maksimal dari nutrisi yang terkandung dalam susu.

Info Mesin:

Informasi mengenai berbagai jenis mesin pengolahan pangan dapat konsultasi lebih lanjut dengan menghubungi kontak berikut ini:

CP/WA      : 0812-1666-6879

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Main Menu