Pembuatan Yogurt Dawet dengan Pasteurisasi

Yogurt dawet ialah kombinasi unik dari yogurt dan minuman tradisional Indonesia yaitu dawet yang banyak disukai pecinta kuliner khas Indonesia ini. Proses pembuatannya memerlukan teknik khusus untuk memastikan kesterilan dan kualitas produk. Salah satu langkah penting dalam pembuatan yogurt dawet adalah pasteurisasi, yang dapat diproduksi dengan menggunakan mesin pasteurisasi. Artikel ini akan membahas cara membuat yogurt dawet dengan mesin pasteurisasi.

Mengapa Memilih Mesin Pasteurisasi?

Pasteurisasi adalah proses termal yang bertujuan untuk mengolah dan membasmi bakteri patogen dalam susu tanpa merusak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dengan mesin pasteurisasi, proses dapat dioprasikan lebih mudah, efisien, dan hasil konsisten. Mesin ini juga memastikan adanya suhu dan waktu pasteurisasi tepat, sehingga menghasilkan produk akhir yang aman dan berkualitas tinggi.

Baca Juga:

– Bahan-Bahan yang Diperlukan

Susu segar
Starter yogurt (kultur bakteri)
Gula kelapa atau gula merah
Santan kelapa
Daun pandan (untuk aroma)
Tepung beras (untuk membuat cendol dawet)
Air matang
Es batu

– Cara Pembuatan Yogurt Dawet

  1. Pasteurisasi Susu
    Tuang susu segar ke dalam mesin pasteurisasi. Setel mesin pada suhu 72°C selama 15 detik. Proses ini akan menonaktifkan bakteri pada produk dan memastikan susu aman untuk dikonsumsi. Setelah pasteurisasi, biarkan susu dingin hingga pada suhu sekitar 43°C.
  2. Menambahkan Starter Yogurt
    Setelah susu mencapai suhu yang diinginkan, tambahkan starter yogurt. Kemudian aduk sampai rata. Proses ini penting untuk memulai fermentasi, di mana bakteri baik dalam starter yogurt yang menjadikan susu menjadi yogurt.
  3. Fermentasi
    Tuang campuran susu dan starter yogurt dalam wadah bersih. Tutup wadah dan simpan di tempat yang hangat selama 6-8 jam. Proses fermentasi ini akan menghasilkan yogurt yang kental dan lezat.
  4. Membuat Cendol Dawet
    Campurkan tepung beras, air matang, dan sedikit daun pandan untuk menambah aroma. Masak hingga mengental dan produk bisa dibentuk. Gunakan cetakan cendol untuk membentuk adonan menjadi butiran cendol. Rendam cendol dalam air es agar tetap kenyal dan segar.
  5. Menyiapkan Sirup Gula Kelapa
    Rebus gula kelapa atau gula merah dengan air sampai larut dan mengental. Tambahkan daun pandan untuk aroma. Biarkan sirup dingin sebelum digunakan.
  6. Penyajian
    Siapkan mangkuk atau gelas saji. Masukkan cendol dawet, tambahkan es batu, dan tuangkan santan kelapa. Tambahkan yogurt di atasnya dan campur dengan sirup gula kelapa. Lalu aduk pelan-pelan sebelum dinikmati.

Keuntungan Menggunakan Mesin Pasteurisasi

  • Kebersihan dan Keamanan: Menggunakan mesin pasteurisasi memastikan produk tidak mudah mengalami pembusukan.
  • Konsistensi: Hasil pasteurisasi yang konsisten menghasilkan yogurt dengan kualitas yang sama setiap kali.
  • Efisiensi Waktu: Mesin pasteurisasi mempercepat proses pemanasan dan pendinginan susu.

Kesimpulan

Pembuatan yogurt dawet dengan mesin pasteurisasi adalah teknologi inovatif yang menggabungkan teknologi modern dengan resep olahan tradisional. Proses ini tidak hanya meningkatkan kualitas dan keamanan produk yogurt, tetapi juga memastikan rasa yang lezat dan asli. Dengan mengikuti panduan ini, produsen UMKM dapat membuat yogurt dawet yang sehat dan menyegarkan bagi konsumen.

Info Mesin:

Informasi mengenai berbagai jenis mesin pengolahan pangan dapat konsultasi lebih lanjut dengan menghubungi kontak berikut ini:

CP/WA      : 0812-1666-6879

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Main Menu