Pempek Frozen Food Awet dengan Mesin Retort

Pempek adalah hidangan kuliner khas Palembang, Indonesia, dan telah menjadi favorit di seluruh negeri dan bahkan mendapatkan penggemar di luar negeri. Dengan rasa yang lezat dan variasi yang beragam, pempek adalah salah satu makanan yang sangat dicari. Namun, apakah Anda tahu bahwa Anda dapat menjadikan pempek sebagai produk frozen food yang dapat disimpan lebih lama dan dikirimkan ke berbagai tempat menggunakan mesin retort? Inilah artikel yang akan membahas resep pempek frozen food dan cara pengawetannya dengan mesin retort

Resep Pempek Frozen Food
Bahan-Bahan:

250 gram tepung sagu tani
150 ml air
200 gram ikan tenggiri (daging ikan yang sudah dihaluskan)
2 butir telur
2 siung bawang putih (haluskan)
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir
Minyak goreng secukupnya

Baca Juga:

Langkah-Langkah:

  1. Campurkan tepung sagu tani, air, daging ikan, telur, bawang putih, garam, dan gula pasir dalam sebuah wadah. Aduk adonan hingga tercampur rata.

2. Bentuk adonan menjadi bulatan atau sesuai dengan bentuk pempek yang diinginkan.

3. Panaskan minyak goreng yang telah dituangkan pada wajan.

4. Goreng pempek sampai berwarna keemasan. Lalu angkat dan tiriskan.

Pengawetan dengan Mesin Retort
Setelah selesai membuat pempek, langkah berikutnya adalah mengawetkannya dengan mesin retort. Mesin retort adalah perangkat sterilisasi yang akan memungkinkan pempek bertahan lebih lama dan siap dikirim ke berbagai tempat.

Berikut adalah langkah-langkah pengawetan pempek dengan mesin retort:

  1. Siapkan pempek yang sudah digoreng dalam wadah yang sesuai dengan ukuran mesin retort.

2. Pastikan wadah pempek telah tertutup rapat.

3. Letakkan wadah pempek dalam mesin retort yang sudah terisi dengan air.

4. Atur suhu dan waktu sterilisasi sesuai dengan rekomendasi mesin retort. Biasanya, suhu sekitar 121°C selama 15-20 menit adalah waktu yang cukup untuk mengawetkan pempek dengan aman.

5. Setelah proses sterilisasi selesai, angkat wadah pempek dari mesin retort dan biarkan dingin.

6. Kini pempek dapat dibekukan. Tempatkan dalam kulkas atau freezer, dan produk pempek frozen food siap untuk didistribusikan.

Kesimpulan
Dengan menggunakan resep pempek yang lezat dan mesin retort berkualitas, serta dapat menciptakan produk pempek frozen food yang tahan lama dan dapat dijual ke berbagai daerah. Ini adalah inovasi dalam dunia kuliner yang dapat membantu mengembangkan bisnis. Jika seorang pengusaha kuliner atau hanya ingin mencoba sesuatu yang baru, cobalah resep pempek frozen food ini dan manfaatkan teknologi mesin retort untuk mengawetkannya dengan aman. Dengan cara ini dapat merasakan kelezatan pempek kapan pun dan di mana pun saat diinginkan.

Informasi Mesin Retort:

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu