Pengolahan Makanan Kemasan Asam Cumi

Pengawetan makanan merupakan aspek penting dalam industri makanan untuk memastikan produk tetap segar, aman, dan memiliki umur simpan yang panjang. Salah satu metode yang inovatif dan efektif dalam pengawetan makanan kemasan adalah penggunaan mesin retort shaking INAGI. Artikel ini akan membahas bagaimana mesin ini dapat meningkatkan kualitas pengawetan makanan kemasan, terutama pada produk asam cumi kemasan.

Pengawetan Makanan Kemasan Asam Cumi

Asam cumi adalah produk makanan yang juga diolah di beberapa negara, terutama di negara Asia. Produk ini terbuat dari cumi-cumi yang diawetkan dengan larutan asam, memberikan rasa nikmat yang khas dan lezat. Namun, seperti produk makanan laut lainnya, asam cumi mudah terkontaminasi mikroba dan pembusukan jika tidak diawetkan dengan baik.

Baca Juga:

Keunggulan Mesin Retort Shaking INAGI

Mesin ini bekerja dengan prinsip sterilisasi termal, di mana produk dipanaskan dalam panas yang tinggi untuk membunuh mikroorganisme berbahaya. Berikut adalah beberapa keunggulan mesin retort shaking INAGI:

  • Panas yang Merata: Mesin retort shaking INAGI dilengkapi dengan mekanisme shaking atau getaran yang memastikan distribusi panas yang merata ke seluruh bagian makanan kemasan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa tidak ada bagian produk yang terlewatkan pada proses sterilisasi.
  • Waktu Proses yang Hemat: Dibandingkan dengan mesin retort statis, retort shaking mampu mempercepat waktu proses sterilisasi. Ini berarti lebih banyak produk yang dapat diolah dalam waktu yang lebih singkat, dan meningkatkan efisiensi produksi.
  • Kualitas Makanan Terjaga: Penggunaan mesin ini membantu menjaga tekstur dan rasa asli dari asam cumi. Dengan pengaturan suhu dan tekanan yang tepat, nutrisi dalam cumi-cumi juga dapat terjaga.
  • Keamanan Pangan: Mesin Retort Shaking INAGI dirancang untuk memenuhi standar keamanan pangan internasional. Hal ini memastikan produk yang dihasilkan aman untuk dikonsumsi dan sesuai dengan peraturan pangan yang berlaku.

Proses Pengawetan dengan Retort Shaking

Proses pengawetan asam cumi dengan mesin retort shaking INAGI melalui beberapa tahapan:

  1. Persiapan Bahan Baku: Cumi-cumi segar dibersihkan dan direndam dalam larutan asam sesuai resep.
  2. Pengemasan: Asam cumi dikemas dalam wadah kedap udara untuk mencegah kontaminasi.
  3. Sterilisasi: Wadah yang berisi asam cumi dimasukkan ke dalam Mesin Retort Shaking INAGI. Proses sterilisasi dilakukan dengan mengatur suhu dan tekanan yang telah ditentukan.
  4. Pendinginan: Setelah sterilisasi, produk didinginkan untuk menghentikan proses pemasakan lebih lanjut yang dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri.

Kesimpulan

Manfaat dari Mesin Retort Shaking INAGI dalam pengawetan makanan kemasan asam cumi menawarkan banyak manfaat, mulai dari distribusi panas yang merata, waktu proses yang lebih hemat, hingga kualitas produk yang terjaga. Dengan teknologi ini, industri pangan dapat memastikan produk aman, berkualitas tinggi, dan memiliki umur simpan yang lebih lama.

Info Mesin:

Informasi mengenai berbagai jenis mesin pengolahan pangan dapat konsultasi lebih lanjut dengan menghubungi kontak berikut ini:

CP/WA      : 0812-1666-6879

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Main Menu