0815-5549-9975

csjualmesin@gmail.com

Peluang Budidaya Ikan Auto Jutawan Inovasi Mesin Extruder Sangat Membantu

Peluang Budidaya Ikan Auto Jutawan Inovasi Mesin Extruder Sangat Membantu post thumbnail image

Budidaya Ikan – Ketika teringat dunia perikanan ini, pasti kalian teringat dengan Menteri Perikanan dan Kelautan yang mejabat tahun lalu. Mantan menteri ibu Susi Puji Astuti pernah membuat pernyataan seperti  ini “Yang tidak makan ikan, makan saya akan tenggelamkan”. Tujuannya untuk menghimbau masyarakat di Indonesia agar mengonsumsi olahan ikan. Membuat olahan ikan ini selain baik untuk kesehatan, bisa dijadikan bisnis yang menguntungkan. Salah satu bisnis didunia peternakan yang paling menguntungkan adalah membudidayakan ikan.

Pada usaha budidaya ikan ini merupakan usaha yang menjadi salah satu pilihan banyak petani ikan. Pada bisnis budidaya ini memang menjanjikan di Indonesia. Banyak para pengusaha yang lani bisnis-bisnis budidaya ini. Selain budidaya ikan banyak jenis lainnya seperti budidaya tanaman, hingga budidaya hewan.

Pada dasarnya indonesia ini merupakan negara yang kaya dengan sumber daya alam, termasuk dibidang peternakan. Apalagi sekarang masyarakat mulai menggemari olahan ikan untuk meningkatkan imun tubuh, serta ikan sendiri ini memiliki kandungan protein yang tinggi. Beruntung ditengah wabah pandemi covid-19 ikan banyak diminati masyarakat, dan juga permintaan kepada para peternak semakin tinggi.

Mengenal Teknologi Mesin Pelet

Sebelum melakukan budidaya ikan hal yang terpenting agar sarana produksi berhasil. Nah hal tersebut salah satunya adalah pakan. Dengan adanya itu manajemen pakan yang baik, maka pertumbuhan ikan dapat mencapai sesuai target yang yang ditentukan. Dalam bidang perikanan pakan sering disebut dengan pelet. Adanya pelet ini untuk memelihara, sumber energi, dan juga perkembangbiakan.

Dengan adanya pelet pada ikan ini  menunjang pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan. Kemudian  untuk menuju keberhasilan yaitu dengan menentukan pakan ikan. Berdasarkan sumber, pakan ikan ini dibagi menjadi 3 golongan yaitu :

  1. Pakan dari alami
    Pakan alami maksudnya adalah pakan yang telah disediakan langsung di kolam atau yang disediakan alam seperti lumut, ganggang dll.
  2. Pakan lain atau tambahan
    Pakan tambahan maksudnya adalah pakan yang bukan dari kolam seperti limbah peternakan, dll
  3. Pakan buatan
    Pakan ini dibuat dari berbagai macam campuran dengan memperhatikan kandungan nutrisi dan harga sesuai yang dibutuhkan.

Namun dari 3 golongan sumber pakan diatas pakan yang bisa mendapatkan cita rasa ikan, pakan yang mudah dicerna,  yaitu pakan buatan. Pada pakan buatan diperoleh dari bahan baku bisa berupa dari limbah industri pertanian, perikanan, dan juga peternakan. Bahan baku tersebut mengandung nilai gizi yang cukup tinggi. Kemudian kandungan pada buatan ini adalah protein, lemak, dan karbohidrat.

Kemudian Budidaya ikan ini semakin berkembang seiringnya waktu, yang mana akan meningkatkan permintaan pasar yaitu dengan munculnya teknologi. Teknologi ini bertujuan untuk membantu para pengusaha agar dapat sukses dalam budidaya ikan. Selain itu dengan adanya inovasi ini masyarakat bisa konsisten dan fokus dalam meningkatkan hasil budidayanya. Teknologi yang membantu kesuksesan pelet ikan yang dimaksud ini adalah mesin pelet ikan extruder. Mesin extruder ini dapat memproduksi makanan dengan aneka ragam bentuk seperti bulat, stick, dll. Teknologi pada mesin ini ada hal yang terpenting yaitu batang ulir (screw) dan sekubung silinder (barrel).

Tahapan Memulai Mesin Extruder

Pada mesin extruder ini ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan, berikut ini tahapannya:

  1. Mulai menyiapkan bahannya
  2. Kemudian proses pencampuran atau pengadukan
  3. Proses menghomogenkan dan mereaksikan
  4. Proses menghantarkan dan membangkitkan energi panas tujuannya memplastiskan bahan
  5. Dan terakhir proses membentuk dan mencetak.

Prinsip kerja pada mesin ini sebenarnya yaitu memanaskan dan membentuk dengan tekanan yang tinggi melalui pencetak (die). Kemudian juga memasakan ekstrusi dengan high temperature short time atau suhu tinggi waktu pendek. Fungsi menggunakan suhu tinggi disini adalah bisa memasak, mensterilisasi, mengaktifkan enzim. Selain itu juga bisa sebagai anti-nutrisi, anti tripsin, ammonia (urea), serta bisa penguapan air.

Demikianlah penjelasan mengenai budidaya ikan, serta teknologi dari mesin. Semoga membantu para pembaca serta yang membutuhkan mesin extruder ini bisa menghubungi kontak kami.

Mesin Pelet Ikan

Mesin Extruder


Phone/WA: +62813-5874-6663 atau klik disini
Website: https://tokomesinmurah.com
Follow Us on Instagram: https://www.instagram.com/inagiofficial/
https://www.instagram.com/tokomesinmurah/

Pabrik Mesin INAGI (CV Inovasi Anak Negeri)·
Jalan Lesanpuro Gang 12 Nomor 30, Kelurahan Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, 65138

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirim Pesan
Halo Kak, Terima Kasih telah berkunjung di Toko Mesin Murah, untuk informasi lebih lanjut bisa chat dengan klik tombol dibawah ini.