0815-5549-9975

csjualmesin@gmail.com

REVOLUSI TEKNOLOGI DRONE DI BIDANG PERTANIAN

REVOLUSI TEKNOLOGI DRONE DI BIDANG PERTANIAN post thumbnail image

Teknologi Drone – Dunia pertanian sangat dibutuhkan oleh masyarakat dikarenakan pertanian memegang peranan penting untuk memajukan perekonomian masyarakat. Pada sektor pertanian di Indonesia ini terkadang mempunyai permasalahan yang membuat para petani mengalami kesulitan.

Salah satu permasalahan disektor pertanian di Indonesia yaitu kualitas hasil pertanian, kemudian mengakibatkan hasil kerja yang kurang optimal. Apalagi jika mempunyai lahan pertanian yang berhektar-hektar, sangat mustahil untuk melakukan monitoring dan itu perlu membutuhkan banyak tenaga manusia.

Selain itu juga dalam perawatan, pengecekan perlu ekstra tenaga manusia terhadap lahan tersebut, hal itu yang membuat pembengkakan biaya perawatan. Oleh karena itu butuh peran teknologi di sektor pertanian yang mampu menjangkau seluruh lahan pertanian.

Seiring berkembang zaman, perkembangan teknologi juga semakin maju. Sehingga bermunculan teknologi canggih yang terkenal yang dikenal dengan sebutan “drone”. Drone sendiri dikendalikan oleh Remote Control. Dengan adanya drone sendiri ini mengambil gambar yang memiliki resolusi tinggi dan bisa terkoneksi sistem GPS.

Teknologi drone sendiri ini merupakan inovasi yang mampu mengubah cara hidup manusia salah satunya dengan melakukan bisnis. Dengan adanya drone para petani dan pilot drone dapat meningkatkan proses pertanian. Pada teknologi drone memiliki banyak kegunaan yang selain dapat mengambil foto udara maupun video. Bisa digunakan untuk membantu petani dalam  pemantauan tanaman hingga penanaman, penyemprotan tanaman, pemetaan irigasi, kemudian  penyebaran pupuk, pestisida, hingga herbisida.

Manfaat Teknologi Drone

Dengan menggunakan beberapa macam teknologi drone dapat bermanfaat untuk para sektor pertanian dan perkebunan di Indonesia dan bisa dirasakan langsung agar mencapai produktivitas pertanian dan perkebunan secara maksimal dibandingkan dengan bertani secara konvensional, berikut ini manfaatnya:

  • Spraying and seed drone dan kesehatan petani
  • Meningkatkan biaya input pertanian
  • Maintenance kondisi tanaman dari jauh dan hasil panen

Tipe Drone

Drone sendiri memiliki unit yang sedikit berbeda dengan yang biasa digunakan. Unit drone ini membantu petani yang kesulitan dalam mengawasi tingkat serangan hama, dan pengawasan tanaman yang sudah mulai rusak. Rata-rata pada unit drone yang digunakan dibidang pertanian sangat besar dan bermacam-macam fungsinya. Seperti memberikan pestisida secara otomatis hingga mendeteksi kerusakan yang diserang oleh hama. Salah satu unit drone yang dimaksud ini yaitu:

  1. Drone GAIA 160 (Berjenis Hexacopter)

    Pada drone ini mempunyai performa terbang yang sangat tinggi dan dapat membawa pestisida kira-kira 22,5 liter. Kemudian agar drone bisa take off yaitu membawa maksimal 45 kg, dengan panjang base drone 160 cm. Selain itu, Drone GAIA memiliki jenis baterai lipo dengan jumlah energi 1600 mAh dengan waktu sekitar 13 menit. Dengan waktu segitu teknologi drone ini mampu memberikan pestisida ke tanaman dengan luas 10 ha dengan waktu 10 menit.

  2. Drone Dji MG-1S

    Lalu untuk drone yang satu ini merupakan drone yang memang digunakan di bidang pertanian. Banyak para petani profesional menggunakan drone ini, dikarenakan dapat membantu petani memberikan pestisida kepada tanamannya. Selain itu drone Dji ini menggunakan sensor cerdas. Jadi dengan menggunakan sensor cerdas ini akan dapat mengetahui posisi tanaman dengan benar dan akurat. Sehingga akan otomatis drone menyemprot tanaman walaupun dibukit ataupun tanah tidak rata.

  3. Drone FOXTECH A4 (Berjenis Quadcopter)

    Salah satu drone yang digunakan di bidang pertanian yang menggunakan empat rotor. Drone ini mempunyai kelebihan yaitu memiliki ketahanan terhadap cuaca, bisa digunakan untuk memasang kabel, mengangkat barang, dan memantau lahan. Kemudian spesifikasi pada drone ini mampu membawa pestisida dan air sebanyak 40 liter. Lalu pada drone mempunyai jumlah energi baterai 1000 mAh dan drone terbang selama 25 menit. Luas Lahan sendiri yaitu 10 ha dengan waktu 15 menit dapat menyirami pestisida dan air menggunakan drone.

  4. Drone Dream Eagle X4-10

    Selanjutnya drone untuk agricultural dapat membawa pestisida sekitar 10 liter. Kemudian juga tahan dengan kondisi cuaca. Spesifikasi pada drone ini mampu terbang sekitar 300 meter. Meskipun jangkauan pada drone ini kurang begitu jauh akan tetapi masih dapat membawa pestisida untuk menyirami tanaman. Kapasitasnya baterai sendiri memiliki jumlah energi 1000 mAh dengan terbang 12 menit.

  5. Drone TYX AG405

    Dan yang terakhir drone dengan ukuran besar. Kelebihannya mampu diatur penerbangannya sesuai area atau tempat lahan yang akan disemprot oleh drone ini. Spesifikasinya sendiri memiliki jumlah energi 2200 mAh dengan terbang selama 20 menit. Selain itu juga drone ini sama dengan yang lainnya, mampu membawa pestisida sebanyak 10 liter dengan waktu 6 menit, untuk lahan setiap 1 ha.

Negara Yang Menggunakan Teknologi Drone

Banyak negara-negara yang telah menggunakan teknologi salah satunya drone atau pesawat terbang tanpa awak. Berikut ini negara-negara ini berhasil membantu di sektor pertanian dengan teknologi drone:

  1. Amerika serikat, negara ini telah menggunakan drone yang bertujuan memantau perkembangan dan penyebaran OPT serta di perkebunan anggur memantau daun menggulung pada anggur.
  2. Sri lanka dan uganda, negara ini menggunakan drone yang digunakan untuk menanggulangi penyakit pada tanaman
  3. Di Amerika serika salah satunya ditempat International Potato Center yaitu bekerjasama dalam mencegah penyakit dan kerusakan pada tanaman kentang
  4. India, negara ini telah bekerjasama dengan pemerintah serta masyarakat untuk perkembangan dan penyebaran OPT pada pertanian di india.
  5. Polandia, negara ini telah menggunakan teknologi drone yang bertujuan untuk mengontrol pertanian.

Dan masih banyak lagi negara lain yang telah menggunakan drone sebagai alat bantu dalam bidang pertanian. Dengan menciptakan teknologi ini bertujuan untuk mempercepat suatu pekerjaan. Selain itu bisa menghemat waktu dan uang.

(S)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirim Pesan
Halo Kak, Terima Kasih telah berkunjung di Toko Mesin Murah, untuk informasi lebih lanjut bisa chat dengan klik tombol dibawah ini.