0813-5874-6663

csjualmesin@gmail.com

Smart Farming – Revolusi Industri 4.0 Pertanian

Smart Farming – Revolusi Industri 4.0 Pertanian post thumbnail image

Smart Farming – Indonesia merupakan negara argaris dimana masyarakatnya masih mengandalkan hasil sektor pertanian. Akan tetapi bisa kita lihat saat ini sektor pertanian di Indonesia masih tak semaju negara maju seperti Jepang dan Swiss. Hal ini tentunya banyak dipengaruhi oleh tantangan yang dihadapi di dunia industri terutama sektor pertanian seperti:

  1. keterbatasan sumber daya alam,
  2. modal,
  3. ketersediaan lahan yang semakin menurun akibat alih fungsi menjadi pemukiman,
  4. dan yang paling menonjol yaitu keterbatasan pengetahuan mengenai teknologi.

Saat ini di Indonesia sebagian besar khususnya dunia industri pertanian masih mengandalkan tenaga manusia. Padahal secara perlahan dunia industri pertanian di negara maju seperti Jepang sudah tidak mengandalkan manusia tetapi mulai beralih menggunakan teknologi canggih.

Kenyataan ini semakin didukung dengan semakin majunya dunia digital dan teknologi, dunia industri berlomba-lomba mengembangkan menggunakan teknologi sebagai revolusi industri. Memahami revolusi industri 4.0 sendiri yaitu lebih menekankan pada penggunaan digital. Dimana penggunaan digital ini menjadi lebih efektif. Dengan adanya revolusi industri ini manusia dituntut untuk mulai mengikuti perubahan zaman.

Jika kita mengintip ke negara yang cukup maju di sektor pertaniannya revolusi industri 4.0 mulai berkembang inovasi teknologi. Untuk mengejar ketertinggalan, beberapa startup di Indonesia yang bergerak di bidang pertanian, mengembangkan teknologi yang membantu memudahkan para petani dan konsumen.

Kemudian para petani akan mendapatkan kontrol yang lebih baik mulai dari proses pemeliharaan ternak dan menanam tanamannya. Dengan adanya digitalisasi pada sektor pertanian dapat mempermudah akses bagi petani mulai produksi dan segala kegiatan ekonomi, dan juga petani akan paham tentang kondisi tanamannya. Salah satu inovasi teknologi yang dikembangkan adalah “Smart Farming”.

Baca Juga : Perbandingan antara Meja Kayu & Meja Stainless

Mengenal Konsep Smart Farming

Smart Farming” adalah inovasi yang bergerak di bidang pertanian dimana dapat meningkatkan kualitas mutu untuk produksi pangan di Indonesia. Teknologi “Smart Farming” sendiri diartikan sebagai bertani yang tepat (precision agriculture). Kemudian dapat mengidentifikasi keadaan dan kebutuhan setiap tanaman mulai memonitoring lahan pertanian, keadaan tanah, dan jenis penyakit yang menyerang tanaman. Dengan melalui precision agriculture petani akan menjadi paham tindakan apa yang harus dilakukan. Teknologi “Smart Farming” yang biasa digunakan diantaranya:

  1. drone penyemprot pestisida dan pupuk cair,
  2. Drone Survillance (drone untuk pemetaan lahan),
  3. serta Soil and Weather sensor (sensor tanah dan cuaca).

Dalam hal penanaman tanaman dan memelihara ternak adalah sesuatu yang dapat membuat praktik bertani lebih akurat dan terkontrol. Dalam metode “Smart Farming”  ini menggabungkan antara platform yang berbasis IoT (Internet Of Things) dengan alat dan mesin pertanian. Alat pertanian ini dapat berupa penggabungan perangkat teknologi yang canggih. Penggunaan teknologi beragam mulai dari sistem kontrol, sensor, robotika, drone, kendaraan otonom, pengambilan sampel tanah berbasis GPS dan perangkat lunak. Selain itu “Smart Farming” dapat dimanfaatkan untuk penanganan penjualan hasil pertanian. Melalui teknologi ini petani tidak perlu khawatir lagi menganai hasil produksi tidak terbeli. Kemudian juga mereka dapat menjual sendiri produknya dan mendapatkan hasil yang lebih tinggi.


Phone/WA: +62813-5874-6663 atau klik disini
Website: https://tokomesinmurah.com
Follow Us on Instagram: https://www.instagram.com/inagiofficial/
https://www.instagram.com/tokomesinmurah/

Pabrik Mesin INAGI (CV Inovasi Anak Negeri)·
Jalan Lesanpuro Gang 12 Nomor 30, Kelurahan Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, 65138

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

1 thought on “Smart Farming – Revolusi Industri 4.0 Pertanian”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirim Pesan
Halo Kak, Terima Kasih telah berkunjung di Toko Mesin Murah, untuk informasi lebih lanjut bisa chat dengan klik tombol dibawah ini.