0813-5874-6663

csjualmesin@gmail.com

Tips Produksi Yogurt Anti Gagal

Tips Produksi Yogurt Anti Gagal post thumbnail image

Buat para pecinta yogurt sudah tidak asing lagi nih, khususnya di Indonesia. Selain itu yogurt ini mempunyai rasa asam yang khas dan konsistensi yang kental.

Mengenal Yogurrt

Pada yogurt sendiri merupakan makanan alternatif untuk menjalankan hidup sehat. Selain itu yogurt menyimpan banyak nutrisi dengan olahan susu yang difermentasi (inkubasi) menggunakan bakteri baik (probiotik) yaitu asam laktat. Kombinasi bakteri baik yang dimaksud ini yaitu Lactobacillus Bulgaricus dan Streptococcus thermophillus. Bakteri tersebut tujuannya untuk mengubah Laktosa (gula susu) menjadi asam laktat. Pada asam laktat dapat menghasilkan tekstur, bau yang unik, serta cita rasa khas. Selain itu juga mengandung komponen flavor seperti diasetil, asetaldehit, dan karbondioksida. Komponen tersebut dapat mengakibatkan penurunan pH  dan terbentuknya gumpalan yang disebabkan koagulasi protein susu oleh asam.

yogurt-1

Yogurt memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh yaitu:

  1. Melawan pertumbuhan bakteri patogen
    Pada bakteri ini penyebab dari terjadinya penyakit dan menekan produksi senyawa yang berbahaya seperti amin, fenol, skatol dan H2S yang di produksi oleh patogen.
  2. Mereduksi kanker atau tumor disaluran pencernaan,
    Pada anti-inflamasi produk susu dapat mengurangi kanker, serta dapat melindungi tubuh dari penyakit.
  3. Mereduksi jumlah kolesterol dalam darah
    Pada bakteri baik dalam yogurt ini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.
  4. Menstimulasi pembungan kotoran
    Pada asam laktat dari yogurt dapat merangsang gerakan peristaltic di semua bagian pencernaan. Rangsangan gerakan ini dapat memelihara kesehatan tubuh seperti pembuangan feses.

Jenis Yogurt

Selain itu dengan seiring kepopulerannya, yogurt mempunyai pilihan yang beragam serta memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Agar kita dapat mengetahui kelebihannya perlu mengenal jenis-jenis yogurt sebagai berikut:

  1. Full Fat
    Full fat ini memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga membuat aroma susu lebih kuat dan tektur lebih creamy.
  2. Low Fat
    Lalu untuk low fat memiliki kandungan lemak yang lumayan berkurang sehingga teksturnya tidak terlalu creamy.
  3. Non Fat
    Kemudian susu skim atau yang dikenal dengan non fat memiliki kandungan yang berkurang cukup signifikan. Sehingga membuat teksturnya lebih cair dan kadar kalori susu ini lebih rendah dibanding lainnya. Pada produk yang memiliki kandungan non fat menjadi pilihan bagi pecinta yogurt yang telah melakukan program diet.
  4. Greek Yogurt
    Kemudian untuk jenis greek yogurt ini mempunyai tekstur yang lebih kental. Karena sebelumnya harus dilakukan dengan penyaringan terlebih dahulu sebanyak 3 kali. Selain itu greek yogurt ini memiliki konsentrasi protein yang lebih tinggi dan konsentrasi laktosa (gula) yang lebih sedikit.
  5. Plain Yogurt
    Selanjutnya jenis yogurt plain dimana jenis yogurt ini menjadi pilihan terbaik. Yogurt plain memiliki rasa asam yang tajam. Oleh karena itu tidak semua atau sebagian orang yang menyukai jenis yogurt ini. Padahal jenis yogurt ini bagus untuk melancarkan pencernaan.
  6. Flavoured Yogurt
    Dan jenis yang terakhir ada flavoured yogurt, dimana jenis yogurt ini lebih banyak disukai atau diminati. Jenis flavoured yogurt memiliki rasa yang tidak terlalu asam jika diberi tambahan pewarna makanan rasa sintetis yang biasa digunakan seperti strawberry, leccy, jeruk vanilla.

Baca Juga : Revolusi Industri 4.0 Pertanian – Smart Farming

Bakteri Yogurt

Untuk mengkonsumsi makanan atau minuman setiap harinya perlu menentukan komposisi yang baik khususnya bakteri. Pada bakteri sendiri ini ada yang bersifat baik dan jahat. Bakteri (probiotik) baik ini dapat bermanfaat bagi tubuh dan untuk bakteri jahat ini bersifat patogen, dimana dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan yang dialami biasanya saluran pencernaan. Pada sistem pencernaan ini berfungsi menerima dan mencerna makanan yang bernutrisi agar diserap lalu disalurkan ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Pada makanan memiliki tingkat higenis yang harus terjaga, Jika tidak akan menyebabkan jumlah bekteri jahat dalam usus menjadi banyak. Oleh karena itu perlu mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung bakteri baik (probiotik) agar melawan pertumbuhan baktari jahat dalam tubuh.

 

Proses Pembuatan Yogurrt

Kini mulai berkembang cukup pesat hal ini banyak dilihat dari jenis yogurt yang semakin dikenal. Yogurt ini mulai banyak peminatnya karena fungsiolitas terhadap kesehatan. Sehingga dapat meningkatkan daya cerna usus, membentuk ekologi dalam sistem pencernaan, serta memiliki rasa yang khas dengan ditambahkan topping segar. Nah dalam membuat yogurt yang enak dan sehat sangat mudah yaitu gunakan bahan alami yang masih fresh. Bahan alami yang dimaksud ini seperti buah-buahan, kemudian gunakan bahan yang mudah ditemui jadi lebih hemat dan pas di kantong.

Selain itu Yogurt ini merupakan produksi hasil industri yang cukup unggul. Di daerah dataran tinggi banyak yang produksi susu, namun ada sebagian yang nilai penjualannya rendah. Sehingga ada sebagian masyarakat yang merasa resah. Kemudian juga sebagian masyarakat dalam pembuatan yogurt sendiri ini sebelumnya ada yang mengunakan proses konvensional. Proses konvensional atau tradisonal yaitu dalam proses fermentasi, dimana wadahnya ini tertutup sehingga untuk produksi lebih lama antara 12 hingga 18 jam. Tak hanya itu dengan menggunakan proses konvensional rentan mengalami kontaminasi. Sehingga tingkat kegaggalannya lebih tinggi, akhirnya mengalami kerugian besar.

Namun zaman semakin berkembang dan teknologi semakin canggih. Sehingga dalam pembuatan yogurt berupa bahan baku susu yang sebelumnya dipanaskan terlebih dahulu agar tidak terkontaminasi oleh bakteri lain. Kemudian perlu juga ditambahkan starter atau bibit lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermophilus. Starter atau bibit ini memproduksi asam laktat serta terbentuk berupa susu yang menggumpal dengan cita rasa yang khas yaitu asam. Selanjutnya susu diinkubasi atau difermentasi selama 4 hingga 6 jam. Pada proses inkubasi ini dapat menghasilkan asam laktat, inilah yang dilakukan fermentasi yang memperoleh rasa yogurt yang asam dan memiliki tekstur yang kental. Apabila proses fermentasi berhasil maka dalam pembuatan yogurt terjadi pembentukan asam laktat dan gas CO2.

Maka dari itu dengan adanya mesin inkubator yogurt dapat mempercepat proses fermentasi. Dimana pada proses fermentasi ini dirancang agar dapat bekerja secara otomatis. Kemudian juga pada suhu lingkungan atau ruangan agar menjadi hangat, lebih stabil dan disesuaikan dengan kebutuhan suhu optimal. Hal itu mengakibatkan pengaturan waktu menjadi cepat serta dalam pembuatan yogurt tidak memerlukan waktu yang terlalu lama dan dalam proses pembuatan tidak rentan mengalami kegagalan. Selain itu juga meningkatnya nilai jual susu melalui produk olahan susu yaitu yogurt.

Mesin Inkubator Yogurt

Phone/WA: +62813-5874-6663 atau klik disini
Website: https://tokomesinmurah.com
Follow Us on Instagram: https://www.instagram.com/inagiofficial/
https://www.instagram.com/tokomesinmurah/

Pabrik Mesin INAGI (CV Inovasi Anak Negeri)·
Jalan Lesanpuro Gang 12 Nomor 30, Kelurahan Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, 65138

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirim Pesan
Halo Kak, Terima Kasih telah berkunjung di Toko Mesin Murah, untuk informasi lebih lanjut bisa chat dengan klik tombol dibawah ini.