Proses Mesin Pasteurisasi Teh Susu UMKM

Pada pengolahan minuman kemasan, kualitas produk merupakan hal utama yang menentukan kesuksesan produk di pasar. Salah satu minuman kemasan yang banyak diminati adalah teh susu, dengan campuran manfaat teh dan susu dalam satu kemasan praktis. Namun, untuk menjaga kualitas dan keamanan teh susu, diperlukan proses pasteurisasi yang tepat. Mesin pasteurisasi susu memiliki peran penting untuk menghasilkan teh susu tetap segar dan aman dikonsumsi.

Apa itu Pasteurisasi?

Pasteurisasi adalah proses pemanasan cairan atau makanan pada suhu tertentu untuk menghilangkan mikroorganisme tanpa merusak kandungan gizi dan rasa dari minuman kemasan. Pada produk teh susu, pasteurisasi bertujuan untuk menghilangkan bakteri pada pangan seperti E. coli, Salmonella yang dapat menyebabkan kerugian pada konsumen.

Baca Juga:

Peran Mesin Pasteurisasi Susu

Mesin pasteurisasi susu dirancang khusus untuk memproses produk-produk dengan bahan susu. Mesin ini bekerja dengan cara memanaskan teh susu hingga suhu tertentu pada waktu yang disesuaikan, kemudian didinginkan langsung. Proses ini tidak hanya membasmi bakteri berbahaya, namun juga memperpanjang umur simpan teh susu tanpa perlu menambahkan bahan pengawet buatan.

Keunggulan Penggunaan Mesin Pasteurisasi Susu

  • Kualitas Rasa dan Nutrisi Terjaga: Mesin pasteurisasi susu dapat memanaskan teh susu pada suhu yang optimal sehingga rasa dan nutrisi alami tetap terjaga. Konsumen dapat menikmati teh susu dengan cita rasa yang nikmat dan manfaat kesehatan tetap terjaga.
  • Proses yang Efisien dan Higienis: Mesin ini dirancang untuk bekerja secara otomatis dan konsisten untuk memastikan proses bagian teh susu dipasteurisasi dengan cara konsisten. Hal ini mengurangi risiko kontaminasi dan kesalahan manusia selama proses produksi.
  • Umur Simpan Terjaga: Dengan proses pasteurisasi yang efektif, teh susu dapat disimpan lebih lama dengan terjaganya kualitas. Ini sangat penting untuk minuman kemasan yang harus melalui proses distribusi pada pemasarannya sebelum sampai pada konsumen.
  • Keamanan Produk: Proses pasteurisasi menghasilkan produk teh susu terhindar dari tumbuhnya mikroorganisme pangan, menjamin keamanan konsumen dan produk dapat aman di pasaran.

Proses Pasteurisasi Teh Susu

Pada umumnya, proses pasteurisasi teh susu dengan mesin pasteurisasi susu melalui beberapa tahapan, yaitu:

  1. Pemanasan Awal: Teh susu dipanaskan sampai pada suhu sekitar 63-72°C selama 15-30 detik.
  2. Pendinginan Cepat: Setelah pemanasan, teh susu segera didinginkan sampai suhu di bawah 10°C untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang masih tersisa.
  3. Pengemasan: Teh susu yang telah dipasteurisasi kemudian dikemas dengan keadaan steril untuk memastikan tidak ada kontaminasi setelah proses pasteurisasi.

Dengan menggunakan mesin pasteurisasi susu, produsen dapat memastikan produk teh susu yang dihasilkan tidak hanya lezat dan bergizi, tetapi juga aman dikonsumsi dan tahan lama. Oleh karena itu, investasi dalam mesin pasteurisasi susu merupakan langkah penting dalam menjaga kualitas dan nilai produk teh susu kemasan di pasar.

Info Mesin:

Informasi mengenai berbagai jenis mesin pengolahan pangan dapat konsultasi lebih lanjut dengan menghubungi kontak berikut ini:

CP/WA      : 0812-1666-6879

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Main Menu