Cara Pengawetan Bumbu Soto Instan

Bumbu soto instan telah menjadi salah satu makanan kemasan instan yang laku dibeli oleh masyarakat. Namun, untuk menjaga kualitas dan keamanannya dalam jangka waktu yang lebih lama, pengawetan makanan menjadi faktor utama. Salah satu metode efektif yang digunakan dalam industri makanan adalah pengawetan dengan menggunakan mesin retort shaking INAGI. Artikel ini akan membahas tentang cara efektif pengawetan bumbu soto instan menggunakan mesin retort shaking INAGI.

Mengenal Mesin Retort Shaking INAGI

Mesin retort shaking INAGI adalah mesin yang digunakan untuk proses pengawetan makanan dalam kemasan dengan menggunakan metode retort. Retort adalah proses pemanasan makanan dalam kemasan yang dapat melakukan proses termal untuk memperpanjang masa simpan makanan tersebut. Mesin retort shaking INAGI dilengkapi dengan fitur shaking yang membuat distribusi panas lebih merata di dalam kemasan, sehingga menghasilkan produk yang lebih berkualitas.

Baca Juga:

Langkah-langkah Pengawetan Bumbu Soto Instan

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pengawetan bumbu soto instan menggunakan mesin retort shaking INAGI:

    a. Persiapan Bumbu Soto Instan
    Pertama, persiapkan bumbu soto instan yang telah diproses sesuai dengan resep yang telah ditentukan. Pastikan bahan-bahan yang digunakan berkualitas dan sesuai standar kebersihan.

    b. Pengemasan
    Setelah bumbu soto instan siap, masukkan ke dalam kemasan yang sesuai dengan jenis mesin retort shaking INAGI yang digunakan. Pastikan kemasan tersebut mampu menahan proses pemanasan dan tekanan yang diberikan oleh mesin retort.

    c. Proses Retort
    Tempatkan kemasan yang telah berisi bumbu soto instan ke dalam mesin retort shaking INAGI. Atur suhu dan tekanan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan untuk jenis produk makanan tersebut. Proses shaking pada mesin retort akan membantu distribusi panas lebih merata di dalam kemasan makanan, sehingga memastikan seluruh bagian bumbu soto instan terproses dengan baik.

    d. Pendinginan dan Penyimpanan
    Setelah proses retort selesai, kemudian pendinginan kemasan bumbu soto instan sampai suhu normal untuk mencegah terjadinya kondensasi di dalam kemasan. Setelah dingin, bumbu soto instan siap disimpan dalam kondisi yang sesuai untuk mempertahankan kualitasnya.

    Keuntungan Penggunaan Mesin Retort Shaking INAGI

    Terdapat beberapa keuntungan dalam penggunaan mesin retort shaking INAGI untuk pengawetan bumbu soto instan, antara lain:

      a. Keamanan Pangan
      Proses retort yang dilakukan oleh mesin ini dapat membunuh mikroorganisme patogen dan menghentikan pertumbuhan mikroba yang berbahaya, sehingga dapat meningkatkan keamanan pangan produk.

      b. Pemeliharaan Kualitas
      Distribusi panas yang merata di dalam kemasan berkat fitur shaking pada mesin retort INAGI membantu mempertahankan kualitas sensorik pangan dan nutrisi bumbu soto instan.

      c. Efisiensi Proses
      Mesin retort shaking INAGI memiliki fitur otomatis yang memungkinkan proses pengawetan makanan menjadi lebih efisien dan konsisten, sehingga mengurangi risiko kesalahan proses dari operator.

      Dengan menggunakan mesin retort shaking INAGI, pengawetan bumbu soto instan dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien, menjaga kualitas dan keamanannya dalam jangka waktu yang lebih lama. Hal ini membuktikan bahwa teknologi dalam industri makanan memiliki peran penting dalam menjaga ketersediaan dan keamanan pangan bagi masyarakat.

      Info Mesin:

      Informasi mengenai berbagai jenis mesin pengolahan pangan dapat konsultasi lebih lanjut dengan menghubungi kontak berikut ini:

      CP/WA      : 0812-1666-6879

        Leave a Reply

        Your email address will not be published. Required fields are marked *

        Main Menu