Olahan Udang Telur Asin Kemasan Instan

Pengolahan makanan laut seperti udang merupakan oalahn pangan yang berkembang pesat di Indonesia. Salah satu produk inovatif yang kini banyak diminati adalah udang telur asin, yang mana dapat juga dijual menjadi produk kemasan instan. Agar produk ini dapat tetap awet dan terjaga kualitasnya, diperlukan teknologi pengolahan yang canggih. Mesin Retort Shaking INAGI menjadi solusi tepat UMKM dalam proses ini.

Udang telur asin kemasan instan adalah produk kuliner yang menggabungkan lezatnya udang dengan gurihnya campuran telur asin. Produk ini biasanya dikemas dalam bentuk siap saji, memudahkan konsumen untuk menikmatinya kapan saja. Namun, tantangan utama dari produk ini adalah bagaimana menjaga keawetannya tanpa menghilangkan kualitas rasa dan teksturnya.

Baca Juga:

Pentingnya Proses Sterilisasi dalam Pengolahan Pangan Kemasan

Sterilisasi adalah kunci utama untuk memastikan produk makanan aman dikonsumsi dan memiliki umur simpan yang panjang. Proses ini membunuh bakteri dan mikroorganisme lain yang dapat menyebabkan pembusukan. Dalam industri pengolahan udang telur asin kemasan instan, penggunaan mesin sterilisasi yang tepat menjadi penting.

Keunggulan Mesin Retort Shaking INAGI

Mesin Retort Shaking INAGI merupakan salah satu inovasi terbaru dalam teknologi sterilisasi makanan. Mesin ini dilengkapi dengan fitur shaking atau pengguncangan yang dapat meningkatkan proses sterilisasi secara optimal. Berikut beberapa keunggulan dari mesin ini:

a. Sterilisasi Merata: Fitur shaking pada mesin INAGI memastikan bahwa panas tersebar merata ke seluruh bagian produk makanan. Ini sangat penting untuk produk yang memiliki tekstur dan kepadatan berbeda seperti udang telur asin.

b. Waktu Proses Lebih Hemat: Dengan proses pengguncangan, waktu sterilisasi menjadi lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional. Hal ini membantu menjaga kualitas rasa dan tekstur udang telur asin.

c. Efisiensi Energi: Mesin Retort Shaking INAGI dirancang untuk mengoptimalkan penggunaan energi, sehingga lebih ramah lingkungan dan mengurangi biaya operasional.

d. Keamanan Produk: Proses sterilisasi makanan yang efektif dapat memastikan produk udang telur asin terhindar dari bakteri patogen berbahaya, meningkatkan keamanan konsumsi.

Proses Pengolahan Mesin Retort Shaking INAGI

Proses pengolahan udang telur asin kemasan instan dengan mesin Retort Shaking INAGI terdapat beberapa tahapan:

  1. Persiapan Bahan Baku: Udang yang telah dibersihkan dicampur dengan bumbu telur asin hingga merata.
  2. Pengemasan: Campuran udang dan bumbu kemudian dikemas dalam wadah kedap udara.
  3. Sterilisasi: Produk udang telur asin dimasukkan ke dalam mesin Retort Shaking INAGI. Proses shaking dan pemanasan berlangsung sesuai dengan waktu dan suhu yang telah ditentukan.
  4. Pendinginan: Setelah proses sterilisasi makanan, produk langsung didinginkan untuk menghentikan proses pemasakan.

Dengan teknologi canggih ini, produsen UMKM dapat menghasilkan udang telur asin kemasan instan yang dihasilkan tidak hanya lezat, tetapi juga aman dan tahan lama. Mesin Retort Shaking INAGI menjadi solusi tepat untuk memenuhi kebutuhan industri pengolahan makanan modern, yang memastikan produk tetap segar sampai pada konsumen.

Info Mesin:

Informasi mengenai berbagai jenis mesin pengolahan pangan dapat konsultasi lebih lanjut dengan menghubungi kontak berikut ini:

CP/WA      : 0812-1666-6879

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Main Menu